makalah ekonomi manajerial usaha

MAKALAH
EKONOMI MANAJERIAL



Disusun Oleh :
Nama : Rizka Dwi Dewanti
NIM : 2015020165
Kelas : Manajemen A3/ Smt V


PRODI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONONI
UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA
2017
KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, saya panjatkan puji dan syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Makalah Ekonomi Manajerial tapat pada waktunya.
Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah EKONOMI MANAJERIAL. Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu saya dengan senang hati menerima kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun agar dapat memperbaiki makalah ini.
Harapan saya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa dan memberikan inspirasi bagi pembaca lainnya.

Surakarta, Oktober 2017


Penyusun



















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB 1 : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Tujuan 2
BAB 2 : PEMBAHASAN
2.1.Biografi Pengusaha 3
2.2. Sejarah Singkat PT. Eigerindo Multi Product Industry 4
2.3. Profil Usaha 4
2.4. Keberhasilan Usaha PT. Eigerindo dalam menjual Barang dengan Harga
tinggi dan Quantitas tinggi 6
BAB 3 : PENUTUP
3.1.Opini / Pendapat 10
DAFTAR PUSTAKA 11










BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan kewirausahaan sangat pesat di tahun 2015, banyak pengusaha-pengusaha yang sukses dengan bisnisnya dan tidak sedikit juga yang gagal. Agar usaha / bisnis kita yang jalani maju dan sukses seperti pengusaha yang akan dibahas dalam makalah ini, banyak hal yang harus diperhatikan dalam melakukan usaha diantaranya studi kebijakan usaha serta aspek pemasaran, produksi, dan manajemen yang harus diperhatikan agar bisnis kita maju.
Pada era globalisasi ini perubahan-perubahan mendasar di lingkungan global, regional, maupun nasional bergerak begitu cepat. Saat ini informasi memegang peranan penting dalam dunia teknologi yang sekarang terus berkembang. Perkembangan teknologi tersebut mencakup berbagai bidangkehidupan termasuk dunia penjualan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan dalam berbagai sektor, termasuk juga sektor industri. Pada saat ini banyak perusahaan yang menggunakan teknologi informasi sebagai sarana utama untuk menunjang dan meningkatkan layanan dan operasional, salah satunya adalah dengan digunakannya sistem informasi dalam kegiatan pemasaran produk.
PT Eigerindo Multiproduk Industri merupakan salah satu perusahaan penyedia produk (barang) kebutuhan masyarakat dengan segala nilai tambahnya. PT Eigerindo memproduksi produk (barang) seperti tas, topi, sandal, sepatu, baju, aksesoris. Sebagai perusahaan penyedia produk (barang) bagi masyarakat produk PT Eigerindo dituntut supaya lebih aktif dalam penjualan dan mempromosikan produk-produknya.
Di tengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat seperti sekarang maka setiap perusahaan harus kreatif dan inovatif dalam memproduksi barangbarang yang akan dipasarkan kepada masyarakat. Selain dituntut untuk kreatif dan inovatif perusahaan juga dituntut lebih dalam untuk kegiatan penjualan. Kegiatan penjualan di PT Eigerindo dengan cara memasok produk ke outlet-outlet resmi PT Eigerindo yang ada di pelosok negeri ataupun luar negeri. Guna melancarkan kegiatan penjualan karyawan harus cepat dan pintar mempromosikan produkproduk PT Eigerindo agar produk-produk tersebut dapat dikenal pangsa pasar didalam negeri ataupun luar negeri. Di luar negeri PT Eigerindo memiliki export market seperti ke Negara Brunei, Malaysia, Germany dan Singapore.
PT Eigerindo Multiproduk Industri banyak melakukan kegiatan promosinya diantaranya dengan membuat iklan di internet, membuat brosur, dan menyebarkannya ke tempat seperti di Mall, Universitas, dan kebeberapa tempat keramain lainnya. Proses penjualan pada PT Eigerindo Multiproduk Industri menggunakan sistem penjualan secara langsung dengan mendistribusikan Produk produknya ke showroom di berbagai kota.
1.2 Rumusan Masalah
Apa itu PT. Eigerindo?
Keberhasilan Usaha PT. Eigerindo dalam menjual Barang dengan harga tinggi dan Quantitas tinggi ?
1.3 Tujuan
Untuk mengetahui apa itu PT. Eigerindo
Keberhasilan Usaha PT. Eigerindo dalam menjual Barang dengan harga tinggi dan Quantitas tinggi















BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Biografi Pengusaha
Ronny Lukito (lahir di Bandung, Indonesia, 15 Januari 1962; umur 53 tahun) adalah seorang pengusaha tas yang memiliki perusahaan bernama B&B Inc., yang bergerak di dalam bidang pembuatan tas, fashion dan aksesoris. B&B Inc. memiliki empat anak perusahaan, yaitu
Eksonindo Multi Product Industry
Eigerindo Multi Product Industry
Eksonindo Multi Product Industra
EIGER didirikan oleh Ronny Lukito seorang pengusaha tas yang lahir pada tanggal 15 Januari 1962 di Bandung, Ronny Lukito adalah anak ketiga dari enam bersaudara. Ia satu-satunya anak laki-laki yang lainnya adalah perempuan dalam keluarga pasangan Lukman Lukito – Kumiasih. Ronny berdarah campuran Buton, Sumatera dan Jakarta itu mempunyai orang tua yang menyambung hidup dengan cara berjualan tas. Ronny Lukito adalah seorang anak dari keluarga yang memprihatinkan . Orangtuanya bukanlah dari kaum berada. Di masa remajanya Ronny tinggal di Bandung. Dia adalah sebuah sosok pemuda yang rajin dan tekun, dia bukan seorang lulusan perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta favorit, dia hanyalah seorang lulusan STM (Sekolah Teknologi Menengah). Sejak tahun 1976, ketika Ronny duduk di bangku STM, toko ayahnya tersebut mulai menjual tas hasil karya sendiri. Saat itu merek tas produknya bernama Butterfly. Nama ini diambil dari merek mesin jahit buatan China yang mereka pakai. Ronny sendiri membantu membeli bahan ke toko tertentu atau mengantarkan barang dagangan ke pelanggan mereka. Malahan, sebelum berangkat sekolah, Ronny jualan susu. Setelah pulang sekolah, Ronny kerja di bengkel motor sebagai montir. Jiwa entrepreneur yang dimilikinya sejak duduk dibangku sekolah, membuat lelaki kelahiran Bandung ini mudah menyerap ilmu dari ayahnya. Tak lama setelah bekerja di toko milik sang ayah, Ia pun memulai peluang bisnis pembuatan tas sendiri.
Tahun 1979, Ronny ingin kuliah, seperti impiannya selama ini. Namun dia melihat bahwa orangtuanya tidak sanggup membiayai dirinya kuliah.  Oleh sebab itu, dia membantu perekonomian keluarga. Ronny mulai mengembangkan bisnis tersebut. dia mulai memasukkan tasnya ke Matahari. Meski hanya mendapatkan order sedikit Ronny kembangkan usahanya terus menerus. Dengan modal kurang dari satu juta rupiah, Ronny membeli dua mesin jahit, peralatan jahit, dan sedikit bahan baku pembuatan tas. Dibantu dengan satu orang pegawai bernama Mang Uwon, Ronny memproduksi tas. sekitar tahun 83-84 Ronny berkeinginan memasukkan produk ke Matahari, saat di awal awal mengajukan sebagai pemasok itu, Ronny ditolak terus oleh bagian pembelian, baru sampai mengajukan ke- 13, permohonan ronny memasukkan Produk tasnya diterima, saat itu pun, nilai tas yang dijual tidak sampai 300 ribu.
2.2 Sejarah Singkat PT. Eigerindo Multi Product Industry
Pada tahun 1984, akhirnya Ronny membeli rumah tambahan seluas 600m2 untuk menambah ruang produksinya. 2 tahun kemudian tahun 1986 Ronny membeli tanah seluas 6000m2 untuk menambah lagi ruang produksi. Setelah menikah tahun 1986, dia merekrut marketing professional. Dengan perjuangan yang gigih dan tak mengenal lelah, dia mengetahui peluang pasar karena dia tahu persis luar dalam bisnis tas ini termasuk hal-hal di lapangan, dia tahu kendala apa saja dan lika liku di lapangan. Akhirnya cita-cita Ronny untuk menjadi pemain terbesar di dalam bisnis tas tercapai. Mulai dari Matahari, Ramayana, Gunung Agung, Gramedia, dan dept. store besar lainnya menjual produk Ronny seperti Eiger, Export atau Bodypack. Kalangan praktisi bisnis tas pasti tahu bahwa kini B&B Inc. milik Ronny merupakan salah satu perusahaan nasional terbesar. Tak berhenti di situ, sekarang perusahaan Ronny juga sudah memproduksi jenis lain seperti dompet, sarung handphone, dan berbagai jenis produk lain. Salah satu kebiasaan Ronny yang baik adalah kemauannya untuk belajar dan mengembangkan diri. Ia tak merasa malu atau gengsi untuk bertanya bila memang ia tidak tahu. Dengan cara inilah dia bisa berkembang dan sukses sampai sekarang.
2.3 Profil Usaha
            PT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger merupakan perusahaan manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbuka yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh Ronny Lukito di Bandung. Nama perusahaannya, Eiger, terinspirasi dari gunung Eiger, yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss, berketinggian 3.970 m di atas permukaan laut. Berawal dari fasilitas yang sangat terbatas, Eiger meluncurkan produk tas dengan hanya dua mesin jahit. Jalan Cihampelas no. 22 Bandung adalah saksi bisu dirintisnya usaha tersebut, yang kemudian dibuka pula sebuah mini-toko tas di tempat yang sama.
Perusahaan ini memproduksi tas dan peralatan petualangan, yang mana terbagi dalam tiga brand utama, yakni Eiger dengan positioning gaya hidup berpetualang (lifestyle adventure), Bodypack dengan positioning e-lifestyle, dan Nordwand dengan positioning kehidupan alam terbuka (outdoor living). Brand kami dikenal luas sebagai brand lokal yang sangat terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2009, kami terdaftar sebagai Top 250 Indonsia Original Brands oleh sebuah majalah bisnis terkenal, Swa. Hal tersebut membuktikan kerja keras, tekad kuat, dan komitmen kami dari waktu ke waktu dalam rangka meraih kualitas unggul dan nama baik.
Awal mula sebagai toko dan produksi kecil dengan hanya dua mesin jahit di jalan Cihampelas 22, enam belas tahun yang lalu, telah berkembang menjadi market leader dalam bisnis tas dan peralatan petualangan di Indonesia. Sampai saat ini, kami telah mempunyai 3 Flagship Stores, 34 showroom, dan 81 counter tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Pabrik: Jl. Raya Soreang No. 90 A KM 11.5 Cilampeni Bandung – Indonesia 40971 Tlp : 62-22 589 7788, 62-22 589 7790 Fax : 62-22 589 8222
Adventure Store : Jl. Cihampelas No. 22 Bandung – Indonesia 40116 Tlp : 022-4207703 Fax. 022-4232173
E-mail : info@eigeradventure.com
Eiger adalah perusahaan yang didorong oleh nilai-nilai utama: Faith (Iman), Integrity (Integritas), Significant (Berarti), Harmony (Harmonis)
Rangkaian produk Eiger meliputi:
 Berbagai Jenis Tas
 Rucksacks/Carrier
Daypacks
Shoulder bags
Waist bags
Travel bags
Lumbar bags
Hydro-pack System
Dry bags
Biking Bags
Laptop bags
Multi purpose bags
 Clothing
 Jackets: Rain suit, windproof jacket, and knitted jacket
Shirts : Technical shirts and regular shirts
Trousers
T-shirts
 Headwear
 Caps
Hats
Beanies/balaclavas
Bandannas/bandana
 Footwear
 Shoes
Sandal
Socks
Gaiter
 Peralatan lainnya
 Sleeping bags
Tents
Gloves
Equipments: pisau, carabiner, stove, bottle, cooking set, walking stick, axe, torch, hydration flask, dan lain-lain
Essential Equipments: ruler compass, glow stick Accessories
 Waist belt
Wallet
Press advertism
Gimmick
Stationeries
Peripheral

2.4 Keberhasilan Usaha PT. Eigerindo dalam menjual Barang dengan harga tinggi dan Quantitas tinggi
a. Dari Aspek Pemasaran
Aspek Pemasaran terdiri dari 3 yaitu, diantaranya:
Segmentasi
Eigerindo Multi Produk Industri Ltd didirikan pada tahun 1990 dan bergerak dibidang retail Adventure. Filosofi dari logo eiger adalah lingkaran warna biru artinya “Dunia”, segitiga biru berarti “Adventure”, dan permukaan dasar dalam warna merah berarti “Roh”. Dengan demikian, makna logo Eiger adalah “Roh dari Petualangan Dunia”. Dari logo tersebut mengisyaratkan bahwa segmentasi dari produk Eiger ini adalah diposisikan pada gaya hidup petualangan. Dari segi segmentasi demografis pasar Eiger terdiri dari beberapa variabel seperti baik wanita maupun pria dewasa yang senang berpetualang, yang berusia 17 Tahun ke atas, dimana barang yang disediakan sudah mencakup untuk keperluan petualang. Segmentasi dari segi Geografis sudah masuk ke seluruh kawasan Indonesia serta ke Mancanegara seperti Libanon, Singapura, Filipina, dan Jepang
Eiger memperluas jangkauan pasarnya dengan meningkatkan citra produk dan membidik segmen generasi dewasa yang senang berpetualang. Serta menawarkan EAST (Eiger Adveture Service Time) adalah sebuah organisasi yang dikelola secara profesional dan didukung oleh mereka yang memiliki keterampilan dan keahlian di lapangan dalam hal petualang. EAST (Eiger Adveture Service Time) dimaksudkan untuk memberikan layanan tanpa meninggalkan kebutuhan untuk pelestarian alam dan tanggung jawab terus menerus. EAST memberikan layanan informasi dan komunikasi tentang pembangunan petualangan lokal dan internasional. EAST adalah jembatan antara Eigerindo Multi Produk Industri Ltd dan anggota atau masyarakat sebagai pelanggannya. Ini dimaksudkan untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan Eiger.
Targeting
Target dari pasar Eiger adalah konsumen dari kalangan menengah keatas, karena jika melihat dari produk Eiger, harga satu buah tas ransel Eiger mulai dari Rp. 150.000 s/d tak terhingga. Target pasar Eiger berikutnya merupakan para konsumen yang pecinta kegiatan outdoor, pecinta kegiatan Extrim yang memacu adrenalin seperti : Panjat Tebing, Pendaki Gunung dan lain-lain. Faktor faktor yang mempromosikan produk Eiger kepada para konsumen khususnya kepada mereka pecinta kegiatan outdoor
Positioning
Produk Ransel Eiger di posisikan sebagai suatu produk ransel untuk lelaki yang memiliki gaya hidup berpetualang (adventure lifestyle) dan beraktivitas di alam terbuka.
Analisis dari produk ini adalah, bahwa ransel eiger di pasarkan kepada mereka yang suka bepergian jauh, dan sering beraktivitas di alam terbuka, di khususkan kepada mereka yang sering melakukan hiking, caving dan climbing di gunung. Karena ransel eiger yang memberikan sebuah design dan bentuk tampilan seperti misalnya memiliki kapasitas besar, tidak hanya itu ransel eiger memiliki jumlah kantung yang cukup banyak, dari kantung kecil hingga besar, berbeda dengan ransel buasa yang untuk digunakan sehari – hari, karena di khususkan agar dapat memuat semua perbekalan dan peralatan baik itu hiking, caving dan climbing.
Cara product positioning yang dilakukan pemasar di dalam memasarkan produk ransel eiger kepada konsumen yang dituju, ditentukan berdasarkan :
Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan
Seperangkat nilai-nilai penggunaan atau penerapan inilah yang digunakan sebagai unsur yang ditonjolkan dibandingkan pesaingnya, di sini kita dapat melihat bahwasanya ransel eiger memposisikan diri untuk mereka yang senang beraktifitas, berpetualang dan mencari tantangan di alam terbuka, seperti hiking, caving, dan climbing.
Penentuan posisi menurut pemakai
Ini berarti memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai. Dengan kata lain pasar sasaran lebih ditujukan pada sebuah atau lebih komunitas, baik dalam arti sempit maupun dalam arti luas. Dalam kasus ini, ransel eiger dapat mengiklankan diri sebagai ransel untuk para petualang dan pencari tantangan alam terbuka.
Penentuan posisi harga atau kualitas
Disini produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik. Produk ransel eiger menawarkan nilai yang lebih dan nilai terbaik untuk harga sebanding dengan penawaran kualitas yang diberikan oleh produk tersebut. Produk ini di pasarkan kepada kelas menengah ke atas, dari mulai harga yang sedang, dalam arti cukup terjangkau, hingga harga yang lebih ekskusif, dan hanya dapat di beli oleh orang – orang tertentu saja.
b. Aspek Produksi
Eiger memproduksi tas dan peralatan petualangan hingga perlengkapan tas untuk gadget. Produk Eiger muncul dalam tiga merek utama yaitu Eiger yang diposisikan pada gaya hidup petualangan, Bodypack diposisikan dengan image e-lifestyle atau era teknologi digital, dan Nordwand dengan sisi aktifitas outdoornya. Merek Eiger akhirnya diakui sebagai merek lokal terkemuka di Indonesia. Eiger sudah memiliki pabrik sendiri di Soreang, Bandung, dengan kurang lebih 2.500 penjahit, 6 Toko Eiger Adventure, 18 ruang pamer, dan 88 counter yang tersebar di seluruh Indonesia. Bukti Eiger menjadi produk berkualitas, pada 2009 Eiger tercatat sebagai salah satu Top 250 Indonesia Original Brands oleh majalah khusus bisnis.
Selain itu produk eiger memilik prorgam garansi untuk customernya:
Berapa lama garansi tas Eiger?  Garansi tas berlaku satu tahun sejak tanggal pembelian yang tertera di nota pembelian atau tafeta/label kode produksi yang ada di bagian dalam tas.
Bagaimana jika tas yang diklaim garansi dibeli bukan dari store resmi Eiger? Kami sarankan untuk kembali ke tempat membeli tas tersebut.
Bagaimana proses mengirimkan produk garansi/reparasi sampai pada kantor pusat? Produk diangkut via agen ketiga/ekspedisi pada setiap 1-2 minggu sekali, sampai produk terkumpul minimal 5 buah Untuk area Jawa Barat diwakili oleh EAS Cihampelas.
c. Aspek Manajemen Perusahaan
Deskripsi tugas menerangkan tentang tugas dan tanggung jawab pihak-pihak yang menduduki posisi tertentu dalam perusahaan. Disamping itu struktur oganisasi yang dipakai di dalam suatu perusahaan tersebut akan berbeda dengan perusahaan lainnya.
a) Owner
Tugas pemilik atau owner adalah:
Menyediakan biaya perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan proyek.
Mengadakan kegiatan administrasi.
Memberikan tugas kepada kontrol atau melaksanakan pekerjaan proyek.
CEO Tugasnya adalah harus mampu menjadi jembatan antara dunia luar dan dunia dalam organisasi.
General Manager Tugasnya adalah mengelola proses agar visi misi tercapai.
Manager F&A Tugasnya adalah Mengusulkan kebijakan Pengelolaan Keuangan & Akunting (F&A) diperusahaan dan Mengusulkan promosi, demosi atau memberi teguran dan peringatan secara lisan dan tertulis kepada setiap personil di bawahnya.
Manager Supply Supply Chain Management merupakan competitive advantage penting bagi perusahaan global dalam memberikan pelayanan yang cepat dengan variasi produksi yang tinggi dan cost yang rendah, sehingga Perusahaan dapat tetap exist di tengah persaingan yang semakin ketat.
Manager Desain Suatu program desain yang membagi-bagi proses desain kedalam elemen elemen.
Manager IT . IT Manager tidak seperti manfaat yang terasa langsung seperti halnya implementasi suatu aplikasi tertentu, atau instalasi satu server tertentu. Tetapi merupakan awareness yang sangat penting dalam implementasi IT di dalam sebuah organisasi.
Manager Produksi. Pemasaran (marketing) yang merupakan ujung tombak dari unit usaha, sebab bagian ini langsung berkaitan dengan konsumen. Keuangan (finance) yang bertanggung jawab atas perolehan dana. Produksi (operasi) yang merupakan penghasil dari produk atau jasa yang akan dipasarkan kepada konsumen.
Manager Logistic, Logistic memainkan peranan yang penting dalam memuaskan pelanggan perusahaan dan pencapaian laba untuk perusahaan secara keseluruhan.
Manager HR&GA Tugasnya antara lain adalah meretensi karyawan, meningkatkan produktivitas dan pelayanan kepada pelanggan semakin disebar kepada para line manager dan tidak terpusat pada departemen saja.
Manager System, Manager system adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.
















BAB 3
PENUTUP
3.1 Opini / Pendapat
Pendapat Tentang Kelebihan
Produk Eiger merupaka produk lokal dengan kualitas internasional.
PT Eigerindo memiliki 14 showroom dan 81 outlet yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia.
Memiliki kualitas yang baik karena PT Eigerindo mengutamakan kualitas, walaupun harganya relatif mahal tetapi semua it terbukti dengan kualitas produk yang sangat baik.
Produk Eiger memiliki kualitas yang berstandar internasional, sebagian bahan produk Eiger didapat dari importal material.
Eigerindo merupakan satu-satunya perusahaan yang memproduksi peralatan untuk pecinta petualangan liar.
Harganya sebanding dengan kualitas.
Produk eiger memilki sistem garansi 1 tahun dari pertama pembelian sehingga jika ada cacat bisa diperbaiki.
Pendapat Tentang Usahanya
Yang pertama yang membuat PT. Eigerindo sukses tersebut adalah dalam strategi pemasarannya. Menurut saya segmentasi produk yang dilakukan PT. Eigerindo sangat tepat. Dari logo eiger tersebut mengisyaratkan bahwa segmentasi dari produk Eiger ini adalah diposisikan pada gaya hidup petualangan. Dari segi segmentasi demografis pasar Eiger terdiri dari beberapa variabel seperti baik wanita . maupun pria dewasa yang senang berpetualang, yang berusia 17 Tahun ke atas, dimana barang yang disediakan sudah mencakup untuk keperluan petualang. Segmentasi dari segi Geografis sudah masuk ke seluruh kawasan Indonesia serta ke Mancanegara seperti Libanon, Singapura, Filipina, dan Jepang.
Yang Kedua Targeting dan Positioning PT. Eigerindo sangat bagus. Produk eiger diperuntukan bagi orang-orang pecinta alam. Sehingga kalau seorang adventurer / petualang mencari barang untuk keperluan hiking sudah pasti memilih produk eiger.
Yang ketiga, yang membuat produk eiger sukses yaitu dari tim manajemen perusahaannya. Yaitu dari manager produksi, marketing, dan desain yang membuat produk ini semakin sukses. Karena ketiga manajemen tersebut memilik sdm yang berkualitas sehingga dapat memajukan produk. Tetapi disamping itu masih banyak manajemen yang berpengaruh dalam menyukseskan produk eiger.

DAFTAR PUSTAKA
 universitas islam batik surakarta
uniba.ac.id
uniba.ac.id supawi-pawenang.blogspot.com

http://www.eigeradventure.com/node/650
http://www.eigeradventure.com/node/653
http://info-biografi.blogspot.com/2013/03/biografi-ronny-lukito-pembuat-merk-eiger.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Eksonindo_Multi_Product_Industry

Komentar

  1. saya juga seorang pengusaha yang mampu menghidupkan kembali bisnis kayu sekarat melalui bantuan dewa yang dikirim pemberi pinjaman yang dikenal sebagai benjamin lee konsultan pinjaman. saya penduduk di yekaterinburg екатеринбург. baik Anda mencoba untuk memulai bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, butuh uang untuk membeli persediaan. apakah Anda mengalami masalah dalam mencoba mendapatkan fasilitas kredit yang baik, saya ingin Anda tahu bahwa mr benjamin akan membantu Anda. apakah ini tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian hidup dan saya tidak bisa menyimpan ini untuk diri saya sendiri ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial.. saya ingin Anda semua menghubungi tuhan ini mengirim pemberi pinjaman menggunakan perincian sebagaimana dinyatakan untuk menjadi bagian dari peluang besar ini email: 247officedept@gmail.com atau whatsapp/text +1-989-394-3740.

    BalasHapus

Posting Komentar